29/01/2012

MPASI Pertama (Makanan Pertama si Kecil)



Wah gak terasa ya Bunda.. Si kecil sudah mau menginjak 6 bulan.. Banyak hal ajaib yang bisa kita lihat dari perkembangannya.. Puji Tuhan.. :)

Bunda, kali ini saya akan sharing tentang MPASI Pertama si kecil. MPASI atau makanan pendamping ASI perlu di berikan setelah si kecil menginjak usia 6 bulan.


Nah makanan apa yang bisa kita berikan untuk MPASI pertamanya, berikut ya bun..

1. Pisang Ambon (masak pohon lebih baik)
Buka kulit pisang, bersihkan dari serabut luarnya lalu kerok daging buahnya menggunakan sendok bayi. Suapkan ke si kecil dengan ditambah ASI perah atau susu formula. Hindari bagian tengahnya yang ada butir-butir coklatnya untuk menghindari sembelit.
2. Apel
Pilih jenis apel yang manis (misal merk washinton), tidak sepat atau asam. Kukus hingga matang, saring daging buahnya, campur dengan ASI atau susu formula.
3. Alpukat
Pilih alpukat mentega yang telah masak betul.. Rasanya bukat dan tidak getir.. Keruk daging buahnya dan saring jika buah berserat, campur dengan ASI atau susu formula, suapkan ke si Kecil. Jika buah tidak berserat bisa langsung di berikan seperti pisang.
4. Pepaya
Pilih pepaya masak yang tidak terlalu manis, supaya si kecil tidak kaget rasa. Keruk daging buahnya dan saring. Sajikan ditambah ASI atau susu formula.
5. Bubur Beras (Bubur Susu)
Masak beras putih hingga menjadi bubur.. Ada banyak cara membuatnya :
*Beras di sangrai dulu, lalu di haluskan dan dimasak menggunakan air.. Perbandingan 1 sendok makan dengan 100 cc air bersih .
Beras sangrai bubuk ini tahan disimpan 2 minggu ya Bun jika belum dimasak dengan air.
*Beras dimasak dengan air bersih diatas kompor dengan api kecil dan sering diaduk-aduk. Perbandingan beras 1 sendok air bersih 350cc.
*Beras 1 sendok ditambah air 200cc dimasak dengan slowcooker takahi selama 8 jam (set ke auto bukan yg high)

Yang perlu di perhatikan :
* Pilih salah satu bahan makanan dahulu dan lakukan "4 days rule" atau aturan 4 hari.. J
Jadi 1 bahan makanan kita berikan kepada si kecil selama 4 hari berturut-turut, kita amati ada gejala alergi tidak jika tidak, bahan makanan tersebut masuk ke daftar aman dan diwaktu yang akan datang bisa digunakan kembali sebagai bahan makanan si kecil. Jika ada gejala alergi, jangan digunakan lagi sebagai bahan makanan si kecil.
* Berilah secara bertahap.
Si kecil selama 6 bulan pertama hanya minum cairan, karena itu jangan langsung memberikan makanan yang padat atau kental. Dikawatirkan menimbulkan masalah pencernaan seperti sembelit atau diare. Berilah secara bertahap kekentalannya ya Bunda.
* Rasa baru.
Si kecil belum terbiasa mengecap rasa lain selain susu.. Supaya tidak sulit menyuapinya, perkenalkan secara bertahap ya bunda.. Misal untuk pemberian pisang, berikan asi rasa pisang, kemudian secara bertahap pisang ditambah sehingga menjadi pisang rasa asi dan akhirnya pisang saja :)
* Kebersihan

Pastikan tangan kita, peralatan dan bahan makanannya steril bunda.. Supaya bebas dari kuman penyakit.
Ok sekian tips dari saya.. Semoga membantu :)

Filled Under:

Facebook Saya ^^