27/08/2012

Resep Masakan Menggunakan Slowcooker Apasaja? (∩_∩)



Slowcooker sebagai alat memasak banyak fungsinya lo bunda, selain untuk memasak bubur beras si kecil (MPASI) ataupun bubur setelah dia jadi toddler, slowcooker juga bisa digunakan untuk memasak masakan seluruh anggota rumah dengan praktis, ekonomis (hemat biaya gas) dan mudah.

Apa saja jenis masakannya? Berikut ya bunda:

1. Sop Ayam Kampung

Ayam kampung terkenal dengan keuletan dagingnya, apalagi yang sudah tua :p Nah dengan slowcooker tidak menjadi masalah lagi keliatan dagingnya, rebus ayam beserta wortel dan kentang dalam slowcooker, setelah masak baru masak dikompor dengan bumbu-bumbu seperti biasa.

2. Sop Ceker

Naa ini juga ni yang jadi pakar slowcooker, cara memasaknya seperti sop ayam kampung ya.. Hanya saja daging tulang ayam kampung diganti dengan ceker.

3. Bubur Kacang

Bubur kacang hijau, kacang merah, kacang polong bisa dimasak menggunakan slowcooker :) pastikan kita merendamnya dulu menggunakan air semalaman ya supaya lunak dan proses slowcooker gak terlalu lama.

4. Rendang

Nah ini saya juga sudah membuatnya sendiri, ada beberapa versi memasak menggunakan slowcooker. Versi pertama masukan semua bumbu dan dagingnya dlm slowcooker masak hingga matang, ada versi yang masak dagingnya doang menggunakan slowcooker bumbunya tetap di kompor. Bisa lihat resepnya di http://www.resepinovamelisa.blogspot.com/2012/08/resep-rendang-sapi-mudah-dan-cepat.html

Sama sama enak hasilnya bunda, hanya saja jika memasaknya banyak lebih baik dagingnya saja yg dislowcooker supaya tidak was was kuah meluap :)

5. Kaldu Iga Babi

Khusus buat yang non muslim, kadangkala ingin memasak masakan iga babi misalnya sop iga babi, sop kacang merah iga babi, sayur asin iga babi dll...

Nah supaya pasti iga babinya matang dan tidak liat, bisa menggunakan slowcooker ini. Jangan lupa tambahhkan jahe, garam dan bawang putih ya saat memasaknya. Sayur sayuran dimasak saat terakhir saja atau dikompor saja :)

6. Semur Sapi

Sapi memang agak ulet dagingnya, supaya lunak dan bumbu meresap, masak menggunakan slowcooker juga enak lo hasilnya bunda. Masukan bumbu dan daging sapi (plus keentang wortel jika saya) kedalam slowcooker dengan takaran bumbu yang pekat.

Masak hingga daging, wortel kentang matang dan lunak. Pindah ke wajan tambahkan bawang dan air. (Slowcooker menghambarkan rasa bawang sedikit).

Nah berikut contoh masakan yang bisa kita buat menggunakan slowcooker, intinya semua masakan kaldu, daging yg liat, kacang-kacangan dan yang membutuhkan proses merebus yang lama bisa menggunakan slowcooker kok bunda.. Tinggal kita mengkreasikannya saja. ╭(^▽^)╯

Buat bunda yang sedang "galau" ┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼ee.. =)) hendak membeli atau tidak, semoga sharing saya mencerahkan ya..

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE
Hp atau whatsapp : 085743422244
yahoo messager : inova.melisa

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com

Filled Under:

Facebook Saya ^^