19/07/2012

Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Tahun



* referensi : Sari Pediatri Vol. 13 No. 1 Juni 2011

Keterangan :

- Vaksin Hepatitis B : diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir

- Vaksin Polio : diberikan pada kunjungan pertama. Bayi yang lahir di RB/RS diberikan vaksin OPV saat bayi dipulangkan untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain. Selanjutnya untuk polio - 1, polio - 2, polio - 3 dapat diberikan vaksin OPV atau IPV.

- Vaksin BCG : optimal diberikan pada umur 2 sampai 3 bulan. Bila vaksin BCG akan diberikan sesudah umur 3 bulan, perlu dilakukan uji tuberkulin. Bila uji tuberkulin pra-BCG tidak dimungkinkan, BCG dapat diberikan, namun harus diobservasi dalam 7 hari. Bila ada reaksi lokal cepat di tempat suntikan (accelerated local reaction), perlu dievaluasi lebih lanjut (diagnostik TB).

- Vaksin DTP : diberikan pada umur lebih atau sama dengan 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan Hepatitis B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan dan 5 tahun. Program BIAS : disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementrian Kesehatan. Untuk anak umur diatas 7 tahun dianjurkan vaksin Td.

Vaksin Campak : diberikan pada umur 9 bulan, vaksin penguat diberikan pada umur 5-7 tahun. Program BIAS disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementrian Kesehatan.

Vaksin Pneumokokus : dapat diberikan pada umur 2, 4, 6, 12-15 bulan. Pada umur 7-12 bulan diberikan dua kali dengan interval 2 bulan; pada umur > 1 tahun diberikan 1 kali, namun keduanya perlu dosis ulangan 1 kali pada umur > 12 bulan atau minimal 2 bulan setelah dosis terakhir. Pada anak umur diatas 2 tahun PCV diberikan cukup satu kali.

Vaksin Rotavirus : monovalen diberikan 2 kali, vaksin rotavirus pentavalen diberikan 3 kali. Vaksin rotavirus monovalen dosis I diberikan umur 6-14 minggu, dosis ke - 2 diberikan dengan interval minimal 4 minggu. Sebaiknya vaksin rotavirus monovalen selesai diberikan sebelum umur 16 minggu dan tidak melampaui umur 24 minggu. Vaksin rotavirus pentavalen : dosis ke - 1 diberikan pada umur 6-12 minggu, interval dosis ke - 2, dan ke 3 4-10 minggu, dosis ke 3 diberikan pada umur < 32minggu (interval minimal 4 minggu)

- Vaksin Varisela : dapat diberikan setelah umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Bila diberikan pada umur > 12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.

- Vaksin MMR : dapat diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapat vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya MMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.

- Vaksin Influenza : diberikan pada umur sama dengan atau diatas 6 bulan, setiap tahun. Untuk imunisasi primer anak 6 bulan sampai sebelum 9 tahun diberi 2x dengan interval minimal 4 minggu.

- Vaksin HPV : dapat diberikan mulai umur 10 tahun. Jadwal vaksin HPV bivalen 0, 1, 6 bulan ; vaksin HPV tetravalen 0,2,6 bulan. (HPV : Human Papiloma Virus)

Filled Under:

Facebook Saya ^^