12/08/2012

Ingin Si Kecil Tumbuh Cerdas? Ini Hal Yang Perlu Anda Tahu Bunda.. :)



Anak yang cerdas membutuhkan nutrisi, stimulasi musik, stimulasi permainan dan stimulasi bahasa yang tepat (。。)♥ Nah berikut hal yang perlu kita tahu ya Bunda..

Nutrisi :

1. Dokter, anakku laki-laki berumur 1 tahun dan berat badannya 8,5 kg. Apakah dia termasuk kurus?

J : Berat badan tidak dapat ditentukan dari umurnya saja. Untuk menentukan status gizi anak, harus menggunakan ukuran tinggi badan. Kemudian umur, berat dan tinggi badan anak dicocokan dengan kurva pertumbuhan. Untuk anak ibu, bila hanya dilihat berat badan menurut umur dia tergolong kurus, namun bila diperhitungkan tingginya belum tentu dia kurus.

2. Untuk perkembangan otak anak yang optimal, makanan apa yang harus saya berikan?

J : Selain makronutrien (karbohidrat, protein dan lemak) diperlukan mikronutrien. Beberapa mikronutrien yang penting misalnya vitamin, zat besi, DHA, ARA dan Kolin.

3. Kapan anak saya perlu vitamin tambahan?

J: Bayi normal yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tidak memerlukan tambahan vitamin. Berbeda halnya dengan zaat besi. Kadang-kadang bayi memerlukan tambahan zat besi sejak umur 3-6 bulan, tergantung kadar zat besi di dalam tubuhnya.

4. Apa sih manfaat zat besi untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati?

J: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan fungsi kekebalan tubuh sehhingga anak menjadi rawan terhadap infeksi. Selain itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan pemusatan perhatian, dan dapat menyebabkan penurunan IQ.

*Karena itu bunda, pastikan ibu menyusui cukup mengkonsumsi zat besi ya :)

5. Bagaimana cara menyapih bayi dari ASI?

J : Menyapih hendaknya dilakukan tanpa menimbulkan trauma pada anak, seperti mengoleskan jamu pahit pada puting susu, dengan tujuan membuat anak enggan menyusu.
Alihkan perhatian anak dan perkenalkanlah pada menu makanan padat yang bervariasi, sehingga menyapih dapat dilakukan tanpa siksaan.

*Jika si kecil sudah 2 tahun, sudah saatnya di sapih bunda.. Ajak dia bermain dengan orang lain sementara waktu ke tempat tetangga atau taman di jam dia menyusu.. Beri makanan padat atau susu sebagai pengalihan..

6. Apakah susu soya dapat mencukupi kebutuhan gizi anak dengan alergi susu sapi?

J : Anak-anak dengan alergi susu sapi, biasannya juga mengalami alergi terhadap makanan lain misalnya telur, kacang-kacangan, dan seafood. Sebanyak 20-30% diantara anak yang mengalami alergi susu sapi ternyata juga mengalami alergi soya. Anak yang memiliki resiko alergi, sebaiknya diberikan susu hipoalergenik protein terhidrolisa sebagian (partial hydrolyzed HA), sedangkan untuk anak-anak yang telah mengalami alergi susu sapi diberikan susu hipoallergenik protein terhidrolisa sempurna (extensive hydrolyzed).

7. Apakah makanan seperti kacang atau telur di konsumsi ibu menyusui dapat mencetuskan alergi pada anak?

J : Sejumlah kecil protein makanan tersebut dapat menyebabkan alergi pada bayi melalui ASI.

*Oleh karena itu bunda, pastikan kita memperhatikan makanan yang kita makan dan dampaknya pada si kecil ya.. Jika kita makan seafood misalnya, kemudian si kecil gatal-gatal.. Bisa jadi si kecil alergi seafood, pastikan betul-betul dengan memperhatikannya lagi saat kita makan seafood dengan jumlah yang diperkecil.. Jika memang benar, hindari seafood sampai si kecil 1 tahun.. Makanan yang perlu dihindari saat menyusui : makanan pedas bersantan :)

Musik :

8. Apakah betul dok, musik klasik dapat menstimulasi kecerdasan anak?

J : Beberapa penelitian menunjukan bahwa musik klasik dapat meningkatkan IQ spasial nak. Penelitian lain juga membuktikan musik klasik dapat meningkatkan kreativitas.

9. Jika ibu hamil tidak menyukai jenis musik klasik, apakah ada jenis musik lain yang baik untuk perkembangan anak?

J : Pada dasarnya ibu hamil disarankan untuk tidak mendengarkan musik berirama keras, seperti musik rock, untuk menghindari overstimulasi. Musik yang tenang dan rileks memberikan rasa tenang kepada ibu dan pada bayi.

10. Apa manfaat lain musik pada perkembangan bayi?

J : Menurut Jayne - ahli music terapi-, musik dapat digunakan sebagai terapi bayi-bayi yang lahir prematur di NICU (unit khusus bayi prematur di rumah sakit) untuk mengoptimalkan terapi dan memfasilitasi tumbuh kembangnya.


Permainan
 
11. Mainan apa yang bermanfaat membantu perkembangan kecerdasan anak?

J : Sebenarnya yang lebih penting adalah cara bermain, bukan jenis mainan. Permainan sebaiknya di sesuaikan dengan umurnya, misalnya anak usia 20-24 bulan sudah mulai dapat memasang puzzle yang sederhana. Anak berumur 48 bulan sudah mengerti konsep menghitung, mengenali beberapa warna , mengerti konsep "sama" dan "berbeda", dan dapat mencocokaan gambar pada kartu.

12. Mainan apa yang dapat membantu perkembangan motorik anak saya?

J : Motorik kasar, dapat distimulasi saat anak bermain dengan kereta mainan dorong, atau lompat tali, atau menendang bola. Anak akan berlatih mengkoordinasikan keseimbangan kaki dan mengontrolnya serta melatih kelenturan otot. Untuk motorik halus, anak dilatih menggunakan guntung, pensil, bola, balok, lilin dan lain lain

13. Pada umur berapa anak sudah dapat mengenali warna?

J: Mulai umur 2 tahun anak sudah mulai mengenal warna. Anak 3 tahun sudah dapat mengelompokan warna walaau kadang-kadang belum dapat menyebutkan warna dengan lancar. Pada umur 4 tahun, anak telah dapat menyebutkan warna dengan tepat.

14. Anak sata lebih senang menonton TV daripada bermain dengan teemannya, apakah itu baik untuk perkembangannya?

J : MenontonTV boleh saja, tetapi jangan terpaku di depan TV untuk waktu yang sangat lama. Hal ini akan menyebabkan kemampuan membaca tersingkir, anak menjadi pasif sehingga cenderung mengalami kegemukan dan stimulasi pun minimal. Beraktivitas diluar rumah akan lebih baik daripada hanya menontonTV saja.

*menurut penelitian dibawah usia 2 tahun, sebaiknya si kecil tidak menonton TV agak retina tidak rusak terkena sinar biru dari TV.

Bahasa dan Bicara

15. Anakku sudah berumur 18 bulan, tetapi belum bisa bicara. Normalkah?

J: Bila usia 18 bulan belum ada kata yang berarti, harus segera memeriksakan anak ke dokter. Beberapa kemungkinan penyebab terlambatnya bicara pada anak misalnya : Gangguan bicara ekspresif (anak mengerti tapi belum bisa berbicara), gangguan bicara reseptif - ekspresif (anak belum bicara dan tidak mengerti), tuli, retardasi mental, autisme, dan gangguan artikulasi/ organ mulut.

16. Teman-teman sebaya anakku sudah bisa menyanyi, mengapa anakku belum bisa?

J : Bernyanyi merupakan bagian keterampilan dalam berbahasa. Anak perlu distimulasi untuk mengikuti irama dan lirik agak kemampuan berbahasa dan lafalnya lebih baik. Latihlah dengan ikut menyanyi bersamanya.

17. Sedini apa kita mengajar anak membaca?

J: Mulai umur 4-5 tahun anak sudah bisa diajarkan membaca, Tanyakan obyek dan kejadian dalam cerita yang dibaca anak.

18. Mulai umur berapa anak sebaiknya diajarkan multi language?

J: Selama tidak terdapat gangguan bicara, pada umur berapapun anak dapat mulai diajarkan multi language. Penelitian yang dilakukan oleh Cornell Language Acquisition Lab ( CLAL) menunjukan multi language tidak menyebabkan bingung bahasa atau keterlambatan bicara.

19. Bagaimana cara mengajar anak berinteraksi dan berkomunikasi?

J : Ajarkan anak berkomunikasi dan berinteraksi dengan berdiskusi mengenai cerita yang dibaca bersama orangtua. Misalnya ibu bertanya mengenaai inti cerita, obyek dan kejadian cerita. Hal ini akan melatih anak berkomunikasi dan berinteraksi.

20. Bagaimana caranya mengatasi keterlambatan bicara pada anak?

J : Tidak semua anak dengan keterlambatan bicara memerlukan terapi wicara. Terapi yang diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan dan diagnosis dokter.


Referensi :
1. Soetjingsih. Tumbuh Kembang Anak. Cetakan I. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
2. National Center of Health Statistic in collaboration with the National for Cronic Diesease Preventation and Health Promotion (2000).
3. Erny, dkk. Upaya Meningkatkan Perkembangan Otak Anak. Kelompok Studi Neuro-Development Surabaya.
4. Zeisel, S. dkk. Choline, m Phosphatidylcholide and Sphingomyelin in Human and Bovine Milk and Infant Formulas. J Nutr 1986 : 116; 50-8.
5. Ruxton, CGS, et al. The impact of long-chain n-3 polyunsaturated fatty acids on human health. Nutrition Research Reviews (2005), 18, 113-129.
6. Vandenplas, Y Guidelines for the diagnosis and management of cow's milk protein allergy in infants. Arch Dis Child 2007 : 92: 902-8.
7. William Pryse-Phillips (2003). Companion to Clinical Nuerology. Oxford University Press. ISBN 0195159381.,p.611 defines the term as "Slight and transient improvement in spational [sic] reasoning skills detected in normal subjects as a resulth of exposure to the music of Mozard, spesically his sonata for two pianos (K448).
8. Jayne, MS. Music therapy for the neonate. Newborn and Infant Nursing Reviews 2001 : 1; 211-6.

*diambil dari brosur edukasi yang dipersembahkan oleh Mead Johnson atas kerjasama CMP Medica dan difasilitasi oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Saraf dr Hardiono Pusponegoro, SpA(K) sebagai nara sumber.

Dan bagian bawah percakapan dengan tanda bintang itu ulasan saya dengan acuan berbagai sumber.


Ok sekian sharing saya.. Semoga membantu... (∩_∩)

Best Regard
Inova Melisa
pin:28C627DE 085743422244
Blog blog :
Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com

Filled Under:

Facebook Saya ^^