25/08/2012

Penyebab Si Kecil Menangis di Malam Hari dan Tips Mengatasinya..



Si Kecil tiba-tiba terbangun dimalam hari menangis atau rewel? Padahal saat pergi tidur baik-baik saja? Berikut yang mungkin terjadi ya bunda..

1. Lapar atau Haus

Bayi baru normalnya harus minum susu tiap 2 sampai 3 jam sekali.. Sedangkan untuk anak yang sudah lebih besar dan sudah makan, semakin lama makin besar bunda jadi membutuhkan makanan lebih banyak.

Cara Mengatasinya :

Susui bayi baru sesering dia menangis, jika dia menolak baru ambil langkah lain. Untuk anak yang lebih besar, pastikan jika kita memberikan susu formula atau susu uht (setaon keatas ya kalau uht) kita menakarnya sesuai kebutuhannya. ASI tidak perlu kita takar bunda, karena produksinya akan mengikuti kebutuhan si kecil dengan sendirinya.

Setelah si kecil usia setahun perlu diperhatikan juga Makanan Pendamping AsI (MPASI) nya.. Apakah mencukupi atau tidak? Seringkali jika kita kurang banyak menyuapinya atau terlalu cepat memberinya makan malam hari mereka rewel karena lapar. Coba berikan makanan dimalam hari lebih banyak dari biasanya ya bunda.

2. Tidak Nyaman

Tidak nyaman juga membuat mereka menangis dimalam hari.. Misal penyebabnya : terlalu panas, dingin, berisik, pakaian kasar, popok kotor, selimut atau guling mengganggu gerak saat tidur, digigit nyamuk atau terantuk dinding tempat tidur mungkin? Banyak sekali penyebab yang mungkin bunda..

Cara mengatasinya : Periksa tempat tidur nya apakah ada yang mungkin membuat dia tidak nyaman? Cek tubuhnya apakah ada yang ganjil? Misal bekas digigit nyamuk atau berkeringat kepanasan? Hilangkan hal pengganggu kenyamanan tidur si kecil ya bunda. Cek pula raut mukanya, apakah tampak. Menangis karena marah atau kesakitan?

3. Sakit

Na ini dia yang kita takutkan.. Si kecil dapat saja sakit bunda karena itu menangis di malam hari, sakit membutuhkan waktu sampai menimbulkan gejala sakit. Bisa saja gejala itu timbul dimalam hari, padahal saat pergi tidur si kecil tampa baik-baik saja.

Ada juga yang dinamakan kolik bunda, si kecil menangis terus menerus hingga 2 jam. Biasa dialami bayi dibawah 3 bulan. Gejalanya si kecil menangis kencang, kakinya ditekuk kearah perut, mukanya bisa sampai memerah bunda. Kolik tidak perlu diobati bunda, tapi pastikan itu benar kolik jika kondisinya demikian.

Cara Mengatasinya :

Pastikan kita memiliki termometer tubuh dirumah ya bunda, cek suhunya.. Cek juga perutnya apakah kembung.. Cek rautmukanya apakah tampak kesakitan atau marah? Setelah diketahui penyebab si kecil menangis karena sakit tertentu kita dapat mengambil langkah yang diperluan. Hindari memberikan obat oral sendiri ya bunda, kecuali bunda dokter anak.. :). Lakukan langkah pereda sakit saja misal : oles minyak telon, kompres air suam kuku, pijat bayi ringan.. Dll. Jika besoknya belum mereda sakitnya jangan lupa bawa ke dokter ya bunda :)

4. Terlalu Cape

Ya.. Terlalu lelah juga bisa membuat si kecil menangis dan rewel dimalam hari. Coba cek kembali aktivitasnya di pagi, siang dan sore harinya? Sehabis dibawa keluar kota, pada saat anak belajar berjalan atau berlari hal ini lumrah dialami.

Cara Mengatasinya : Sebelum tidur lakukan acara pijat bayi lengkap.. Gunakan minyak telon dan music clasic kesukaan bunda ya.. :)

5. Ketakutan atau Cemas

Si Kecil juga bisa merasa cemas dan ketakutan lo bunda, jika pada pagi atau siang atau sore harinya dia dikagetkan, dikasari atau melihat sesuatu yang menakutkan malam harinya bisa saja dia jadi rewel atau menangis. Terbawa mimpi istilahnya demikian.. Biasanya mimik mukanya saat menangis tampak takut atau cemas atau sedih bunda.. ° ωωωω°( ◦ '.' ◦ ) ˚ya beberapa orang juga percaya si kecil juga bisa saja ketakutan karena sedang "diganggu si halus"..

Cara Mengatasinya :

Pastikan kita berdoa dan mengajak si kecil berdoa sebelum tidur ya bunda, ya biarpun si kecil masi bayi :) Ketika si kecil menangis ditengah malam, peluk atau gendong dia, doakan atau nyanyikan lagu lembut untuk memenangkannya ya bunda. Berikan minyak telon di perut dan dadanya juga membantu meredakan tangisnya.

6. Sudah Tidak Mau Tidur

Si kecil bobo lebih awal daripada biasanya? Bangun dahulu baru menangis? Atau setelah reda menangisnya tampak ingin bermain? Kemungkinan besar dia menangis karena bosan atau takut main sendiri bunda, dia sudah tidur cukup dan sudah saatnya bangun untuk bermain :p

Cara Mengatasinya :

Pastikan si kecil tidur dijam yang tepat bunda, hindari meminum kopi, teh ataupun coklat jika bunda menyusuinya.. Asupan kafein juga membuat sikecil bobonya terganggu :p

Ok sekian sharing saya bunda.. Semoga membantu..

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE
Hp atau whatsapp : 085743422244

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com

Filled Under:

Facebook Saya ^^