28/08/2012

Cara Supaya Bayi Tidur di Jam yang Normal



Banyak ibu baru mengeluhkan harus bergadang karena bayinya malam hari terjaga sedangkan siang hari malahan tidur lelap. Bagaimana cara menormalkannya?

Berikut ya bunda :

1. Ajarkan perbedaan siang dan malam

Bayi baru belum bisa membedakan siang dan malam bunda, kenalkan padanya kalau siang untuk beraktivitas sedangkan malam untuk beristirahat bunda.

Pada siang hari, biarkan dia mendengar suara aktivitas lingkungan sekitar, kicau burung, suara orang bekerja, buka pintu dan jendela agar udara luar dan cahaya terang masuk ke kamar. Nyalakan musik dengan nada riang. Ajak dia bermain secukupnya.

Pada malam hari dan jam tidur siangnya, redupkan lampu, tutup jendela dan pintu. Minimalisir suara.

2. Jangan Biarkan si Kecil Terlalu Lelah

Terlalu lelah juga membuat si kecil susah tidur lo bunda.. Karenanya jaga agar si kecil tidak terlalu lelah. Ketika tampak si kecil menguap, mengucek mata atau menarik2 telinga, tandanya dia sudah lelah. Tidurkan segera bunda.

3. Lakukan Selalu Rutinitas Sebelum Tidur

Mengganti popok dan baju, memijat ringan, mengusapkan minyak telon, menyanyikan nina bobo atau membacakan cerita bisa dijadikan rutinitas sebelum tidur. Dengan melakukannya si kecil jadi tahu sudah saatnya tidur.

4. Konsisten

Dijam bayi harus tidur, tidurkan segera bunda.. Jangan tunggu aktivitas anda selesai. Anak dan bayi yang tidur diwaktu yang konsisten akan lebih mudah tidur lelap dibandingkan dengan yang jam tidurnya berganti-ganti.

Ok sekian sharing saya bunda.. Semogaa membantu ya..

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE
Hp atau whatsapp : 085743422244
yahoo messager : inova.melisa

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com

Filled Under:

Facebook Saya ^^