16/08/2012

Susu UHT, ASI atau Susu Formula yang Terbaik Bagi si Kecil?




Susu UHT, ASI atau Susu Formula yang terbaik bagi si Kecil? Pertanyaan ini seringkali terlintas dikepala saya mendekati Cherish usia 1 tahun :p

Banyak teman sesama ibu menyusui, memutuskan memberhentikan ASI setelah anak mereka berusia 1 tahun dan menggantinya dengan susu formula karena mengganggap ASI mereka sudah tidak OK lagi.

Di sumber lain saya dianjurkan menggunakan susu UHT sebagai pengganti susu formula.

Nah beberapa literatur mengganjurkan memberikan ASI hingga berusia 2 tahun.

Tett tott!! Jadi bingunglah saya.. .. :p .. Hihihi .. :p ...

Nah setelah melalui masa kegalauan dan mencari info kesana kemari, saya memutuskan untuk tetap memberikan ASI hingga si kecil berusia 2 tahun sesuai anjuran UNICEF.

Kenapa demikian?

ASI tetap perlu diberikan hingga anak berusia 2 tahun selain karena komposisi gizinya tetap yang terbaik, terutama untuk tetap mempertahankan daya tubuh si kecil.

ASI menggandung antibodi alami yang diperlukan si kecil, mengingat menginjak usia 1 tahun si kecil mulai banyak melakukan aktivitas di luar rumah sehingga lebih banyak terpapar kuman penyakit.

Nah ketika si kecil di luar rumah dan menolak di ajak menyusu karena sedang asyik bermain, saya memilih memberikannya UHT.

Kenapa UHT bukan yang lain?

Berikut alasannya:

Proses pembuatan susu bubuk ternyata mengurangi nilai kandungan nutrisi di dalamnya. Belum lagi, beberapa susu bubuk menggunakan bahan yang kurang baik untuk tubuh—terutama anak-anak, seperti gula, pengawet, maupun pewarna. Apa yang diklaim sebagai formula pun, ternyata bisa ditemui pada susu cair, utamanya susu UHT.

Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono SpGK susu UHT merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi (140 derajat celcius) dalam waktu singkat (2-5 detik). Pemanasan seperti ini akan mematikan seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun pathogen) dan spora.

Waktu pemanasan yang singkat juga dimaksudkan agar kerusakan nilai gizi susu tidak besar, serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah.

Seiring dengan kemajuan teknologi, susu UHT kini dikemas menggunakan enam lapis kertas, plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri. Alhasil, dalam kemasan tertutup, susu UHT bisa tahan disimpan sampai 10 bulan tanpa bahan pengawet.

Susu UHT sekarang banyak merk dan jenisnya serta besarnya, saya punya keputusan tersendiri saat memilih susu UHT yang terbaik untuk Cherish..

Namun mengingat Undang-undang IT Indonesia, saya tidak berani menuliskannya disini ♡Xixixi ◦♡(∩_∩)◦ °˚"̮ Jika bunda ingin sharing, boleh langsung lewat jalur pribadi ya bunda..

Sekian sharing saya..

.•τнäηκs..(⌒.⌒)"̮º•.

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE 085743422244

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com Www.resepinovamelisa.blogspot.com Www.sistainovamelisa.blogspot.com Www.mamicerdas.com www.inovamelisa.wordpress.com

Acuan :

Reader Digest : http://m.readersdigest.co.id/article/mobArticleDetail.aspx?mc=005&smc=002&ar=105

Kompas : http://m.kompas.com/news/read/2012/01/04/10291668/Antara.Susu.UHT.dan

Ayahbunda : http://m.ayahbunda.co.id/article/mobArticleDetail.aspx?mc=001&smc=006&ar=773

Filled Under:

Facebook Saya ^^