26/01/2012

Tips Menabung Untuk Bunda (∩_∩)




Menabung buat beberapa orang bukan suatu masalah yang berat, akan tetapi bagaimana kalau mata kita langsung kalap begitu mendengar kata diskon atau tulisan Sale? Hihi bahaya Bunn..

Nah sekarang ada lo sistem menabung berjangka dengan autodebet. Jadi, setiap bulan saldo yang ada di atm akan di potong sejumlah yang kita tentukan pertama kali saat mendaftar sampai dengan jangka waktu atau jumlah yang telah di tentukan :)

Supaya tidak salah langkah perhatikan hal ini ya bun :

1. Hitung Neraca Keuangan Keluarga Dahulu

Hitung dulu neraca keuangan kita bun, jangan sampai kita menabung 3 juta rupiah perbulan misalnya eh ternyata uang kita kurang sehingga harus hutang ke pihak lain? :p

2. Tentukan akan menggunakan sistem autodebet hingga jangka waktu atau jumlah tabungan tertentu.

Keuntungan menggunakan hingga jangka waktu tertentu adalah kita tidak bisa mengubah-ubah ketentuan autodebet nya hingga waktu yang ditentukan.. Jadi mau tidak mau kita disiplin biarpun terpaksa sampai jangka waktu yang ditentukan.

Keuntungan menggunakan hingga jumlah tabungan tertentu adalah kita bisa menggeluarkan tabungan saat diperlukan, caranya? Tambahkan saldo anda sejumlah kekurangan nya, maka dana bisa cair segera. Keuntungannya kita bisa menggunakan uang kita disaat terdesak.

*tips : gunakan sistem jangka waktu jika anda sudah memiliki dana darurat minimal 3 kali uang kebutuhan bulanan keluarga.

3. Motivasi Diri

Supaya kita termotivasi menabung, motivasi diri kita dengan membayangkan akan digunakan untuk apa uang tabungan tersebut, pikirkan hal-hal yang positif misalnya : jalan-jalan ke luar negeri, sekolah anak di sekolahan favorit, mobil baru dll.

4. Ciptakan Investasi dari Uang Tersebut

Sah-sah saja jika kita menggunakan uang kita untuk membeli barang-barang yang kita suka atau inginkan, tapi alangkah baiknya jika sebagian uang itu kita investasikan sehingga menghasilkan uang lebih.. :)

Yuk bun mulai usaha sendiri, sekarang banyak lo usaha yang bisa dijalankan secara fleksible tempat dan waktunya :)

Filled Under:

Facebook Saya ^^