29/08/2012

Penyebab ASI Kurang dan Cara Mengatasinya



Beberapa ibu mengeluh ASI nya kurang untuk memenuhi kebutuhan bayinya, apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?

Berikut ya bunda..

1. Kelainan kelenjar mamae Beberapa ibu mengalami hal ini, hormonnya tidak mempengaruhi kelenjar mamae. Jadi tidak ada perubahan payudara setelah melahirkan.. Tidak mengencang terisi ASI, jadi ASI tidak keluar sama sekali. Pastikan mengkonsultasikan dugaan ini ya bunda dengan para konselor ASI.

2. Mengidap penyakit tiroid (hypothuroidSm) atau masalah kelenjar endokrin. Hanya 1: 100000 ibu mengidap hal ini. Pastikan dengan mengkonsultasikan dugaan ini dengan konselor ASI ya bunda.

3. Refleks oksitosin tidak bekerja dengan baik sehingga aliran ASI jadi lambat , cara mengatasinya tingkatkan hormon oksitosin dengan melakukan positif thingking dan miliki emosi positif, sebaliknya jauhkan emosi negatif dan negatif thingking :)

Misal : tak perlu takut gemuk karena menyusui, tak perlu malu menyusui, tak perlu sedih berkepanjangan, ajak bayi bermain, minta ayah bermain dengan si kecil dll

4. Kurang cairan Usahakan minum minimal 18 gelas perhari atau 3-4 liter sehari, bisa berupa air putih juice, susu atau kuah makanan :)

5. Kurang Nutrisi Jangan kurangi makan dulu bunda, aturlah pola makan seimbang yang banyak mengandung gizi penting. Hindari lemak jahat dan pengawet serta pewarna.

6. Pengaruh Makanan atau Minuman yang di Konsumsi Makan tape, minum arak atau wine, arak masakan, alkohol mengurangi produksi asi bunda.

7. Kurangnya Rangsangan ASI dari hisapan bayi. Makin sering payudara dihisap bayi, makin banyak produksi ASI nya. Pompa ASI membantu, tapi lebih baik rangsangan dari bayi langsung.

8. ASI jarang dikeluarkan. Makin banyak ASI dibutuhkan, makin banyak produksinya dan sebaliknya. Makin sering kita memompa dan menyusui bayi, ASI makin banyak :)

9. Ibu Terlalu Lelah. Terlalu lelah juga membuat produksi ASI berkurang. Istirahat yang cukup bunda, bila perlu tidur siang. :)

10. Ibu Jatuh Sakit Saat menyusui jagalah kesehatan bunda, supaya kualitas dan kuantitas ASI terjaga. :)

Ok sekian sharing saya bunda, semoga membantu ya..

Best Regard

Inova Melisa pin:28C627DE
Hp atau whatsapp : 085743422244
yahoo messager : inova.melisa

Blog blog :

Www.maminyacherish.blogspot.com
Www.resepinovamelisa.blogspot.com
Www.sistainovamelisa.blogspot.com
Www.mamicerdas.com
www.inovamelisa.wordpress.com

Filled Under:

Facebook Saya ^^